bayi-baru-lahir

Kulit Bayi

Kulit bayi lebih tipis, lebih rapuh dan lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Pertahanannya juga tidak sekuat orang dewasa terhadap bakteri dan pemicu yang dapat mengiritasi kulit (misalnya wol, panas).  Kulit bisa disebut sebagai penghalang yang mencegah hilangnya terlalu banyak kelembaban, dan melindungi kulit dari kuman berbahaya atau iritasi. Alat pembersih, pelembab dan tabir surya yang tepat akan membantu mempertahankan kulit bayi Bunda, dan mencegah masalah kulit kedepannya.  Bayi prematur (kurang dari 37 minggu kehamilan) memiliki pertahanan kulit yang belum kuat dan mungkin memerlukan perawatan kulit khusus. Dokter atau tim medis Bunda dapat memberikan rekomendasi yang lebih tepat khusus untuk bayi bunda.

Sensitivitas Kulit

Bayi dapat mengalami reaksi alergi karena berbagai alasan. Reaksi alergi terjadi ketika tubuh memiliki respon buruk terhadap benda atau zat tertentu.

Sensitivitas kronis atau jangka panjang ketika mengenakan anting adalah jenis dermatitis kontak. Dapat menyebabkan gatal, iritasi kulit lokal, kemerahan, dan pembengkakan.

Logam yang paling umum menyebabkan reaksi alergi ini adalah nikel, maka nama panggilan umum untuk kondisi ini adalah "Nickel Itch.”Nikel sering digunakan untuk membuat aksesoris seperti anting dan lainnya dengan harga yang lebih murah. Salah satu cara untuk mencegah gatal adalah memakai anting yang memiliki tulisan hypoallergenic atau free nickel. 

Perawatan kulit yang tepat untuk bayi Bunda   

Kulit bayi yang lembut membutuhkan perawatan khusus. Menggunakan produk perawatan kulit yang dibuat khusus untuk bayi adalah awal yang tepat untuk memulai dan ikuti pula saran dokter bayi Bunda. Produk untuk orang dewasa mungkin terlalu kasar untuk bayi karena ada kemungkinan mengandung iritasi atau alergen.   Hal pertama yang dilakukan orang dewasa setelah mandi adalah menggunakan lotion, tetapi bayi biasanya tidak memerlukan rutinas tersebut kecuali apabila disarankan atau apabila bayi bunda mengalami kulit kering. Bedak tabur harus dihindari, kecuali mereka direkomendasikan oleh dokter bayi Bunda. Saat menggunakan bedak apa pun, taruh bubuk di tangan Bunda dan kemudian oleskan ke kulit bayi.

Jenis Deterjen

Deterjen laundry dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang halus. Jika bayi bunda sensitif terhadap deterjen, Bunda dapat menggunakan deterjen khusus untuk bayi dengan kulit sensitif dan memberikan cucian tambahan dengan air biasa untuk menghilangkan sisa deterjen.

Tips memilih anting untuk Bayi dengan Telinga Sensitif

Setelah menindik telinga bayi, penting bagi orang tua untuk mempersiapkan sepasang anting bayi yang tepat untuk segera dipakai anak kita. Mungkin akan sulit bagi bunda untuk menahan diri dalam memborong seluruh anting yang bunda temui di shopping mall atau tempat lainnya agar bisa di mix & match dengan pakaian si mungil.

Sayangnya, memilih anting yang tepat melibatkan lebih banyak pertimbangan dibandingkan memilih baju atau sepatu. Faktanya, memilih sepasang anting yang tepat untuk bayi atau anak adalah hal yang penting, karena keamanan dan kenyamanan tergantung pada model dan material anting yang kita pilih. Untungnya, ada beberapa tips yang membantu orang tua untuk memilih anting mana yang boleh dan tidak boleh untuk dipakai bayi.

mutiara-model-anting-bayi

Cara memilih anting bayi yang tepat

Bunda mungkin bertanya pada diri sendiri, "Jenis anting yang tepat untuk bayi yang berkulit sensitif?” Kami telah mengumpulkan tip utama kami dalam memilih anting untuk bayi dan anak dengan kulit sensitif.

Pilih Anting Anti alergi – Hypoallergenic untuk Bayi dengan kulit sensitif

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah material Logam yang digunakan untuk membuat anting tersebut.

Cek Alergi Logam  

Sebelum bunda membeli perhiasan untuk bayi, bunda harus memastikan logam apa saja yang ada di dalam perhiasaan. Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif. Tahukah bunda bahwa nikel adalah salah satu penyebab reaksi alergi yang paling umum? Oleh karena itu, pada umumnya di negara barat lebih dikenal dengan sebutan “Nickel Itch”. Seperti contohnya, apabila bayi bunda ternyata alergi terhadap nikel tetapi secara tidak sengaja bunda membeli perhiasan yang mengandung nikel maka bayi bunda mungkin akan mengalami alergi seperti kontak dermatitis dan akan merasakan  kemerahan, gatal, dan lainnya.

Nikel

Anting dan perhiasan yang menggunakan nikel sering ditemukan pada anting dan perhiasan dengan harga yang lebih murah. Salah satu cara untuk melindungi kulit bayi adalah dengan meletakkan pelindung antara kulit Anda dan alergen (Nikel). Cara pencegahan lainnya yang lebih aman untuk mencegah gatal adalah memakai anting yang memiliki tulisan dari Hypoallergenic atau anti alergi.

Gold-Platted

Sedangkan Gold platted atau Perhiasan dengan lapisan luar emas tidak sama dengan emas murni karena bisa menggunakan bahan berkualitas rendah di bawah lapisan emas yang menimbulkan reaksi alergi. Bunda juga ingin memastikan bahwa bagian anting belakang dan penutupnya terbuat dari emas (karena ada beberapa bahan lain yang tidak dan menyebabkan alergi).

24-Karat emas 

Dalam bentuk murni sangatlah lembut sehingga dapat dengan mudah ditekuk, membuat desain yang rumit menjadi tidak mungkin. Tetapi teknologi terbaru “Electro Forming” mampu meningkatkan kekerasan emas hingga membantu jeweler untuk membuat desain rumit menggunakan emas 24 karat dengan harga yang mahal sesuai dengan desain kerumitan, teknologi dan juga kadar emas 24 karat. 

18-Karat Emas

Resiko alergi dapat dihindari atau diturunkan apabila menggunakan logam mulia seperti emas. Tetapi tidak mengherankan bahwa ada "tingkatan" emas yang berbeda. Bunda menginginkan perhiasan dengan minimum standar 14 sampai 18 karat emas tanpa kandungan Nikel.

Dengan menggunakan logam mulia murni 18 karat emas - 75% pure gold tanpa kandungan nikel seperti yang digunakan anting Greco Barcelona, meminimalkan potensi risiko reaksi alergi untuk kulit bayi yang sensitif, menjadikannya logam paling aman dan hypoallergenic.

Check our best Collection in Bayi and the best tips bayi baru lahir and more info about tips tutorial anting bayi

Legal Disclaimer