Tindik Telinga Bayi

Putri Alia berusia delapan bulan. Para keluarga menyarankan agar diamenindik telinga si kecil, karena itu kurang menyakitkan ketika lobus masih lunak dan lembut. Alia tidak yakin. Dia tidak dapat membayangkan putrinya mengalami rasa sakit di usia yang begitu muda.

Menindik telinga bayi adalah praktik umum di beberapa budaya di seluruh dunia. Di beberapa masyarakat, anak laki-laki juga mendapatkan tindikan telinganya ketika mereka masih bayi. Namun, itu selalu merupakan keputusan yang sulit untuk diambil orang tua, mengingat penderitaan yang ditimbulkannya. Di post Greco Barcelona ini, kami menjawab beberapa pertanyaan tentang tindik telinga dan membantu Anda menangani infeksi jika ada. Selain itu, kami memiliki beberapa saran tentang jenis anting yang dapat dikenakan bayi Anda.

Kapan Saya Bisa Menindik Telinga Anak Saya?

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tidak ada usia tetap untuk menindik telinga anak Anda, dan tanpa memandang usia, tindik telinga tidak berisiko selama dilakukan dengan benar dan higienis.

Beberapa orang tua menyelesaikannya ketika bayi baru berusia 12 hari sementara beberapa orang tua lain lebih suka menunggu sampai ulang tahun pertamanya. Sebagian besar ahli merekomendasikan tindik telinga pada bayi yang baru lahir.

Akhirnya, Anda dapat memilih kapan telinga Anda akan ditindik, tetapi perlu diingat rekomendasi dari organisasi ahli. Jika Anda memutusan agar telinga bayi Anda ditindik lebih awal, maka Anda harus menyelesaikannya di tempat yang tepat.

Di Mana Saya Bisa Menindik Telinga Anak Saya?

Beberapa orang melakukannya di toko perhiasan lokal mereka sementara beberapa orang lain lebih suka pergi ke profesional medis, yang juga praktek tindik telinga. Tidak ada pembatasan di sini asalkan orang itu profesional, dan tempatnya aseptik. Tetapi dari Greco Barcelona kami hanya merekomendasikan di Rumah Sakit Terbaik "Rumah Sakit Pondok Indah" di Jakarta.

Alat yang digunakan untuk pekerjaan itu harus steril. Perlu diingat bahwa tindik telinga berbeda untuk bayi dan orang dewasa. Oleh karena itu, lakukan penelitian dan temukan tempat yang memiliki reputasi layak mendapatkan tindik bayi yang dilakukan di RSPI. Jangan hanya memilih tempat sembarangan. Berikan preferensi kepada dokter anak dan profesional medis yang melakukan tindik telinga dengan biaya tertentu, karena mereka terdidik tentang pedoman keselamatan.

Bagaimana Tindik Telinga Untuk Bayi?

Proses tindik bayi bisa sama dengan yang dilakukan untuk orang dewasa. Berikut ini adalah langkah-langkah prosedur:

Langkah 1: Teknisi / dokter mendisinfeksi situs penusuk dengan membersihkannya dengan alkohol atau disinfektan kulit lainnya. Untuk menjaga hal-hal yang higienis dan profesional, dia harus mengenakan sarung tangan bedah.

Langkah 2: Piercing dapat dilakukan melalui piercers atau piercing senjata berbasis jarum. Itu tergantung pada apa yang orang tua lebih suka dan apa yang direkomendasikan oleh ahli tindik telinga. Keduanya menyebabkan sedikit rasa sakit tetapi hanya ketika penindikan sedang dalam proses yaitu beberapa menit.

Langkah 3: Lubang-lubang kemudian diisi dengan anting-anting emas, yang bertindak sebagai placeholder untuk mencegah lubang menutup. Emas adalah logam pilihan karena cenderung tidak menyebabkan infeksi. Itu tidak memperburuk kemerahan dan peradangan ringan yang ada. Pastikan emas setidaknya 18 karat.

Langkah 4: Disinfektan harus diterapkan ke situs penindikan. Teknisi / dokter akan meminta Anda untuk menggunakan desinfektan dua kali sehari selama seminggu. Anda perlu menggeser anting dari satu telinga ke telinga lainnya setiap minggu selama enam minggu ke depan.

Dasar dau telinga adalah lokasi ideal untuk menusuk. Bintik-bintik selain daun telinga konvensional tidak dimaksudkan untuk menusuk selama masa kanak-kanak. Mereka juga tidak direkomendasikan oleh para ahli pediatrik. Karena itu, tempelkan ke daun telinga bawah; itu lebih mudah dan kurang menyakitkan karena tidak adanya tulang di daerah itu.

Prosesnya perlu persiapan dari sisi Anda, sehingga tidak menjadi padat nantinya.

Bagaimana Mempersiapkan Bayi Saya Untuk Tindik Telinga?

Beberapa persiapan sederhana dapat membuat proses menindik dengan halus:

Anak Anda harus dalam keadaan sehat untuk mengurangi kemungkinan akan rewel dan meningkatkan toleransinya selama proses tersebut. Jika dia sakit, atau hanya menghadapi serangan penyakit, maka tundalah rencana untuk kemudian hari. Dalam beberapa kasus langka, anak mungkin memiliki risiko infeksi yang meningkat jika ia menderita penyakit jantung bawaan. Bawalah mainan favorit bayi Anda, dot atau barang-barang menarik lainnya untuk mengalihkan perhatiannya sambil menindik. Mereka berguna ketika dia menjadi rewel. Pada hari besar, biarkan anak Anda memakai baju kancing yang bisa dilepas tanpa menarik gaun di atas kepala. Ini dapat mengurangi kemungkinan tarikan yang tidak disengaja di telinga. Selama proses penindikan, pegang anak itu dengan lembut. Dia sangat mungkin bergerak setelah telinga pertama ditembus. Untuk mendapatkan yang kedua, tepat pada sasarannya, pegang dia dan bujuk dia dengan kata-kata menenangkan. Hargai anak Anda karena berani dan kooperatif selama prosedur. Beri dia perlakuan istimewa nanti. Setelah tindik selesai, Anda harus memilih anting yang aman dan nyaman untuk si kecil.

Apa saja Jenis Anting yang Bisa Dipakai Bayi Saya?

Bayi seharusnya hanya memakai anting-anting jenis pasca yang terpasang dengan aman di dalam lubang. Pilih anting yang memiliki pengencang lembut di bagian belakang, yang cenderung tidak menusuk kulit bayi. Anting-anting ini juga ringan. Jangan pernah memilih anting menjuntai untuk bayi Anda.

Bayi Anda dapat secara tidak sengaja menariknya, sehingga menyakiti dirinya sendiri. Selain itu, jauhi anting-anting dengan proyeksi besar dan tajam di bagian belakang, yang dapat melukai bayi saat tidur. Cenderung situs menusuk belakang telinga bayi.

Greco Barcelona memiliki pilihan terbaik untuk acara khusus bayi yang ada di situs web kami, The Best Anting bayi.

Apa Tindakan Yang Harus Saya Lakukan Setelah Menindik?

Akan membutuhkan waktu sekitar empat hingga enam minggu untuk lubang-lubang untuk sembuh. Selama fase ini, periksa infeksi:

Seperti yang disebutkan di atas, tukar anting sekali dalam seminggu dari satu telinga ke telinga lainnya. Setiap kali Anda melepas anting, bersihkan dengan kapas yang dicelupkan ke dalam desinfektan. Cuci dan keringkan tangan Anda secara menyeluruh sebelum menyentuh telinga bayi Anda. Oleskan disinfektan dua kali sehari selama sekitar 45 hari setelah penindikan dilakukan, untuk mencegah proliferasi bakteri. Juga, bersihkan area di sekitar telinga hanya dengan sabun antibakteri yang aman untuk bayi. Jauhkan bayi Anda dari debu karena dapat menjadi pembawa bakteri. Cegah bayi Anda menarik telinganya. Jika anak Anda berumur dua tahun, maka Anda dapat menginstruksikan dia untuk tidak menyentuh anting-anting. Anda sadar bahwa lubang telinga yang ditindik rentan terhadap infeksi. Oleh karena itu, terus periksa tanda-tanda dan hentikan mereka sejak awal. 

Apa Gejala Infeksi Lubang Tusuk?

Perhatikan tanda-tanda peringatan dini ini: Kemerahan kronis di telinga:

Bayi Anda akan mengalami sedikit kemerahan di wilayah tersebut selama beberapa hari, tetapi jika terus berminggu-minggu, maka itu bisa menjadi gejala infeksi ringan. Nanah atau cairan lain yang mengalir dari situs yang tertusuk: Nanah terbentuk karena akumulasi sel darah putih yang akut. Jika ada nanah, maka pasti ada infeksi. Infeksi ringan dapat meneteskan cairan yang jernih dan tidak berwarna. Lepuh merah: Lepuh ini bisa berwarna merah atau merah marun. Mereka lembut, dan bayi Anda mungkin menjerit ketika mereka disentuh, menunjukkan bahwa mereka menyakitkan. Blister tunggal besar: Jika Anda melihat satu lepuh besar dekat dengan lubang yang ditindik, maka bisa jadi keloid, pertumbuhan jaringan parut yang berlebih. Keloid biasanya memiliki kecenderungan untuk terinfeksi. Demam: Infeksi dapat bermanifestasi melalui demam. Jika bayi Anda mengalami demam beberapa jam atau beberapa hari setelah tindik telinga, maka Anda harus membawa ke dokter. Memahami alasan infeksi dapat membantu Anda mengambil tindakan pencegahan untuk menghindarinya.

Apa Penyebab Penularan Infeksi Telinga?

Lubang yang menembus di telinga pada dasarnya adalah luka, dan sama seperti luka lainnya, ia dapat rentan terhadap infeksi dari sejumlah bakteri yang secara alami ada di kulit atau di udara. Beberapa faktor yang dapat memperburuk kemungkinan infeksi:

Perawatan yang buruk pada area yang tertembus: Ini termasuk tidak menukar anting atau tidak membersihkannya dengan baik jika Anda menukarnya. Infeksi juga terjadi jika Anda gagal menerapkan disinfektan. Mengekspos bayi ke bakteri: Bakteri ditemukan di mana-mana dari debu yang ditemukan di rumah ke taman si kecil pergi bermain. Jika Anda tidak melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencegah paparan, maka tindikan mungkin terinfeksi. Anting yang ketat dan tidak nyaman: Anting yang ketat menekan lubang dengan kencang, memperlambat proses penyembuhan. Juga, membatasi sirkulasi udara di sekitar area itu. Konstan menarik-narik telinga: Jika anak Anda menarik telinga, maka itu bisa menyebabkan laserasi yang tidak disengaja, yang bisa terinfeksi. Bayi Anda terlihat cantik dengan anting-anting cantik dan Anda tidak ingin kecantikan itu terganggu oleh infeksi. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan?

Bagaimana Cara Mengobati Infeksi? 

Telinganya ditusuk oleh seorang profesional di tempat yang higienis. Kemudian Anda merawat area yang ditindik agar tidak

Jika Anda mencurigai adanya infeksi, kemudian gunakan desinfektan menggunakan kapas dan bawa bayi Anda ke dokter. Jangan mencoba untuk mengobati infeksi sendiri. Obat-obatan tertentu, seperti kompres panas atau air garam yang mengalir di telinga, bekerja untuk orang dewasa tetapi bisa berbahaya bagi kulit bayi yang lembut. Anda mungkin secara tidak sengaja mencampur infeksi. Seorang profesional medis adalah orang yang tepat untuk menilai infeksi dan memberikan obat yang relevan.

Anting memberi tampilan baru dan menggemaskan untuk bayi Anda. Perawatan yang benar selama beberapa hari akan membantu telinga bayi Anda sembuh sempurna.

Punya tips atau pengalaman untuk berbagi tentang tindik telinga bayi Anda? Beri tahu kami dengan memberikan komentar di bawah.