Ini adalah Panduan Lengkap untuk mengetahui tentang berlian

Panduan ini diberikann bagi orang-orang khususnya yang memiliki perhiasan atau koleksi berlian yang ingin mengetahui tentan keasliannya. Jika anda memiliki perhiasan di rumah atau diberikan dari leluhur secara turun temurun yang ingin anda pastikan keasliannya, panduan ini akan memberi anda cara yang dapat dilakukan dirumah dan tes yang dapat dilakukan oleh ahli berlian atau perhiasan dengan peralatan khusus.

Cara paling sederhana dan paling efektif untuk menguji batu untuk mengetahui apakah itu berlian adalah dengan membeli penguji berlian yang relatif murah.
Jika anda tidak terbiasa dengan struktur dan komponen berlian, Anda tidak mengetahui bahwa zikronia kubik atau moissanite bukan berlian dan mungkin anda perfikir bahwa itu adalah permata berlian. penting untuk mengetahui cara mengenali berlian palsu.

Panduan ini bermanfaat dan praktis namun tidak ada satu orang pun melakukan tes di rumah yang dapat berpendapat. Seorang ahli berlian memiliki pengalaman dan peralatan yang tepat untuk mengkonfirmasi apakah berlian itu asli atau palsu.

DI SINI menjelaskan tentang berlian asli ATAU PALSU

1) Tes Air

Gunakan tes sederhana ini untuk memastikan berlian itu nyata.

Temukan gelas minum berukuran normal dan isi ¾ dengan air. Dengan hati-hati jatuhkan batu yang lepas ke dalam gelas.

Jika batu permata itu tenggelam, itu adalah berlian asli. Jika mengapung di bawah atau di permukaan air, berarti permata itu adalah berlian palsu

Berlian asli memiliki kepadatan tinggi, jadi tes air menunjukkan apakah batu anda memiliki tingkat kepadatan yang cocok.

2) Uji Kabut(Uap)

Untuk uji kabut, pegang berlian atau cincin di antara dua jari dan tarik napas dan hembus perlahan. Kabut cahaya akan terbentuk pada intan karena kelembapan dan panas dalam nafas anda.

Jika kabut menghilang segera, berlian itu asli.

Jika kabut membutuhkan beberapa detik untuk menyebar atau menghilang, kemungkinan itu adalah berlian palsu.

Berlian efektif menghantarkan panas dan menyebarkan panas dengan cepat.

3) Periksa Pengaturan & Pemasangan

Jika berlian sudah diletakkan di dalam cincin, lihat jenis pengaturan dan pemasangan yang digunakan.

Karena banderol harga berlian yang besar. Dan yang asli hanya akan dibuat dengan perhiasan berkualitas tinggi. Sebagai contoh, berlian asli akan diatur dalam bahan-bahan seperti emas putih, platinum, emas kuning, atau batu samping dan cincin dengan desain halo.

Untuk melihat apakah pembuatan benar-benar seperti yang dijelaskan, lihat di dalam pusat cincin untuk tanda.
Sebagai contoh, catatan 10K, 14K, dan 18K menunjukkan jenis emas yang digunakan. Tanda-tanda PT dan Plat mengacu pada platinum. Jika anda melihat angka seperti 585, 770, 900, dan 950, itu adalah tanda yang menunjukkan platinum atau emas juga.

4) Panaskan Batu dan Lihat apakah itu Hancur 

Berlian terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tidak responsif terhadap panas tinggi.

Untuk mengujinya, ambil gelas minum dan isi dengan air dingin. Gunakan satu set plyer atau sarung tangan tahan api untuk memegang batu. Panaskan batu dengan korek api selama kurang lebih 40 detik, lalu jatuhkan batu langsung ke air dingin. 

Jika batu itu pecah, itu terbuat dari komponen yang lebih lemah dan bukan berlian asli. Berlian sejati tidak akan menunjukkan reaksi. 

Metode ini menguji kualitas dan kekuatan batu. Karena ekspansi dan kontraksi panas yang cepat, bahan yang lemah seperti kaca atau zirkonium kubik akan pecah.
Gelas atau piring Pyrex yang anda gunakan untuk memasak. Jika anda menarik piring keluar dari oven panas dan mencoba untuk mencuci segera, Perubahan suhu dapat menghancurkan piring.

Karena berlian adalah salah satu bahan terkuat di bumi ini, ia akan tahan terhadap uji panas semacam itu. Panas akan menyebar dengan cepat dan berlian tidak akan terpengaruh oleh perubahan suhu.

5) Uji Cahaya UV 

Untuk menguji berlian dengan cara yang berbeda, letakkan di bawah sinar UV dan perhatikan reaksinya. Kebanyakan berlian akan memancarkan cahaya berwarna biru, tetapi tidak semuanya. Beberapa berlian tidak bersinar di bawah sinar UV. Karena alasan ini, jika batunya tidak bercahaya, hasilnya tidak selalu menunjukkan bahwa itu adalah berlian palsu.

Karena tes ini tidak pasti, yang terbaik dengan menanyakannya pada ahli berlian atau perhiasan menggunakan peralatan canggih mereka untuk menguji batu itu.

UJI A-HOME DIAMOND MENGGUNAKAN REFRACTIVITY

Saat anda melihat kilau berlian, Anda mengalami kemampuannya untuk menekuk dan membiaskan cahaya. Ketika cahaya menghantam paviliun (permukaan miring di bagian bawah berlian), itu memantul dan mengeluarkan cahaya melalui meja berlian (bagian atas, permukaan datar) dengan mata telanjang. Ketika sebuah berlian berkilau bersinar, itu disebut pancaran.

Batu yang bukan berlian, seperti Cubic Zirconia, tidak akan membiaskan cahaya juga. Mereka akan memiliki lebih sedikit pancaran.

Untuk menguji daya tahan berlian, gunakan tes berikut. 

Jika Anda melihat cap atau ukiran “Z”., Batu permata itu adalah zirkonia kubik, dan bukan berlian asli. 

6) Surat Kabar / Efek 'Baca-Melalui' 

Untuk menguji daya tahan berlian, letakkan batu dengan rata di atas halaman koran di area yang banyak tulisannya. Pastikan pencahayaannya cerah dan tidak ada benda atau orang yang melemparkan bayangan pada berlian.

Jika Anda dapat membaca surat-surat kabar itu — bahkan jika suratnya agak buram — berlian itu palsu. Jika berlian itu asli, sisi-sisinya akan mengeluarkan cahaya ke arah yang berbeda, bukan dalam garis lurus. Karena pancaran cahaya ini, Anda tidak akan dapat melihat dengan jelas melalui berlian dan melihat huruf-huruf di atas kertas.

Tes koran paling efektif digunakan pada berlian longgar. Jika berlian sudah dipasangkanpada perhiasan, lebih baik memilih menggunakan uji kabut atau minta ditinjau oleh ahli berlian.

7) Tes titik

Jika Anda tidak memiliki surat kabar untuk digunakan, tes titik adalah alternatif yang sangat baik. 

Tempatkan selembar kertas putih di atas permukaan datar dan gambar sebuah titik kecil dengan pena. Letakkan permata ke titik dengan sisi rata ke bawah. Melalui ujung berlian yang runcing, lihat ke bawah ke atas kertas. Jika Anda melihat pantulan melingkar di dalam batu permata, permata  itu palsu. Jika Anda tidak dapat melihat titik atau pantulan di batu, maka berlian itu asli.

Karena berlian sejati memiliki kualitas bias yang kuat, cahaya akan memantul ke berbagai arah, bukan garis lurus. Inilah sebabnya anda tidak akan bisa melihat huruf atau titik melalui berlian alami yang asli.

UJI A-HOME DIAMOND MENGGUNAKAN REFLEKTIVITAS

Selain refraksi, Anda dapat menguji batu berdasarkan reflektivitasnya. Sementara refraksi berkaitan dengan arah cahaya memantul, reflektivitas mengacu pada jumlah dan kualitas cahaya yang dipantulkan dari batu.

Reflektivitas meliputi baik kecemerlangan (kilauan cahaya putih) dan api (cahaya berwarna) yang bersinar dari meja berlian. 

Untuk menguji reflektifitas, gunakan tes kilau. 

8) Uji kilau 

Tes kilau tidak memerlukan peralatan apa pun kecuali mata anda. Pegang berlian yang dimaksud di bawah lampu normal. Perhatikan bagaimana cahaya memantul dari permata tersebut. Apakah Anda melihat cahaya putih berkilau memantul dari berlian? Apakah Anda melihat pantulan cahaya warna-warni juga?

Berlian asli memantulkan cahaya putih dengan sangat baik, memberikan kilau luar biasa. Berlian juga memantulkan cahaya berwarna, atau api, dengan cara menakjubkan. 

Jika Anda membandingkan berlian asli dengan berlian palsu seperti Cubic Zirconia, Anda dapat melihat perbedaan drastis pada kilauan cahaya putih dan berwarna yang dikeluarkan berlian asli.

TEKNIK AHLI UNTUK MEMASTIKAN BERLIAN ASLI

Meskipun berbagai tes dapat digunakan untuk mengetahui apakah berlian itu asli, disarankan untuk memiliki ahli berlian profesional yang membantu Anda menentukan apakah berlian itu asli atau tidak. Seorang ahli gemologi profesional yang memiliki gelar Graduate Gemologist (GG) akan dapat memberi tahu Anda secara pasti apakah berlian itu asli atau tidak.

Membawa batu anda ke profesional berlian akan meyakinkan anda, karena beberapa metode dan alat yang telah terbukti digunakan untuk menentukan apakah berlian itu asli atau tidak. 

9) Memeriksa Berlian dengan Pembesar

Seorang profesional berlian akan memiliki akses ke kaca pembesar kaca pembesar khusus yang digunakan untuk berlian, batu permata, dan perhiasan. Saat menggunakan pembesar, seorang profesional akan mencari cacat dan ketidaksempurnaan dalam berlian. Sementara berlian palsu dapat dibuat dengan sempurna, berlian akan memiliki ketidaksempurnaan kecil yang disebut karakteristik.

10) Menggunakan Probe Konduktivitas Termal ("The Diamond Tester")

Selain pembesar, ahli permata biasanya memiliki probe konduktivitas termal atau meter. Mereka akan menggunakan alat ini untuk menentukan konduktivitas termal dari batu permata. Karena berlian adalah penghantar panas yang efektif, berlian akan menyebarkan panas dengan cepat setelah dihangatkan.

Jika batu permata menyebarkan panas pada tingkat yang lebih lambat, berlian itu tidak asli. Perlu dicatat bahwa batu moissanite sintetis sering memiliki dispersi panas yang sama atau sama dengan berlian asli. Ada banyak cara untuk mengetes keaslian berlian, sehingga anda dapat memilih mana yang paling anda sukai dan ingin coba.

jika anda tidak ingin mencobanya sendiri anda bisa menyerahkannya pada ahlinya.

11) Menguji Berlian Asli dengan Penimbangan Profil Tinggi

Ahli Perhiasan dan ahli permata biasanya memiliki skala yang sangat baik untuk mengukur perbedaan kecil dalam berat. Berat berlian asli akan lebih rendah dari batu palsu seperti Cubic Zirconia tetapi hanya skala khusus yang dapat menimbang perbedaannya.

Untuk melakukan tes, pilih berlian palsu yang kira-kira sama bentuk dan ukurannya. Gunakan batu ini sebagai perbandingan untuk berlian yang anda uji.

12) Mengetahui Berlian Palsu Menggunakan Konduktivitas Listrik

konduktivitas listrik yang dilakukan oleh ahli perhiasan atau ahli permata. Berlian menghantarkan listrik lebih baik daripada batu lain, termasuk moissanite sintetis yang sulit.

Penguji listrik akan memberikan tanda yang jelas apakah batu itu asli atau dibuat oleh laboratorium. Sebuah berlian akan menunjukkan konduktivitas(penghantar lirstik denan baik) sedangkan batu lainnya seperti moissanite dan cubic zirconia tidak.

MENGUJI DAN MEMASTIKAN. MOISSANITE

Karena meningkatnya kehadiran moissanite sintetis di pasar, penting untuk memeriksanya menggunakan alat perhiasan untuk menguji keasliannya. Alat-alat ini dapat segera menentukan apakah berlian itu asli atau palsu.

13) Memeriksa Menggunakan Mikroskop

Dengan perbesaran 1200x pada mikroskop daya, seorang ahli perhiasan atau ahli permata dapat meneliti batu secara detail. Pada tingkat pembesaran ini, mereka dapat melihat karakteristik dan perbedaan kecil pada berlian asli dibandingkan dengan moissanite.

14) Dapatkan pemeriksaan x-ray

Untuk mendapatkan kualitas internal, molekuler dari batu yang ditinjau, kirim ke laboratorium berlian profesional untuk pengujian. Mesin x-ray mereka akan mengetahui apakah batu tersebut memiliki struktur molekul radiolusen atau struktur molekul radiopak. Berlian adalah radiolusen sedangkan palsu seperti zirkonium kubik dan kristal memiliki lebih banyak fitur radiopak. 

APAKAH UJI SCRATCH TERPERCAYA UNTUK MEMASTIKAN DIAMOND ASLI?

Tes awal adalah teknik yang pernah digunakan secara luas yang bertujuan untuk menentukan kekerasan mineral batu permata. Tes tersebut melibatkan pengikisan batu permata di sepanjang cermin untuk melihat apakah itu akan menggores cermin atau batu.

Sementara berlian dibentuk dengan bahan yang sangat kuat. Zirkonia kubik dan moissanite juga cukup tahan lama dan tahan gores. Untuk alasan ini, tes awal tidak akurat. Anda lebih baik menggunakan tes lain seperti tes konduktivitas termal atau diperiksa dengan alat pembesar professional oleh ahli.

15) Cara Mengenali Berlian Sintetis

Dengan meningkatnya prevalensi berlian sintetis, penting untuk mengetahui bagaimana membedakan berlian buatan dan berlian alami. Berlian sintetis memiliki komponen kimia dan molekul yang mirip dengan berlian alami.
Karena kualitas internalnya yang rumit, kami menyarankan agar berlian ditinjau oleh seorang ahli. Mereka dapat menjalankan tes konduktivitas dan melihat batu di bawah pembesaran tinggi. Bahkan ketika tidak jelas dengan mata telanjang bagaimana berlian sintetis berbeda dari berlian alami, ini sangat penting untuk nilai jual kembali dan asuransi.  

16) Cara Mengenali Zirkonia Kubik

Zirkonia kubik adalah salah satu berlian palsu yang lebih mudah untuk diuji keasliannya. Dengan menggunakan tes kilau misalnya, relatif mudah mengukur jumlah kilau dan api yang dikeluarkan batu.

Selain itu, zirkonia kubik memantulkan cahaya berwarna oranye. Beratnya juga berbeda dari berlian asli dan umumnya tidak memiliki ketidak sempurnaan atau karakteristik. Berlian asli akan memiliki karakteristik yang dapat dilihat dengan mata telanjang atau di bawah mikroskop ahli berlian.

17) Cara Mengenali Moissanite

Mungkin aktor terbaik di dunia berlian palsu adalah moissanite sintetis. Perbedaan antara keduanya biasanya sulit untuk mata telanjang dan membutuhkan keahlian seorang profesional berlian.

Tes konduktivitas listrik akan menunjukkan apakah batu permata itu adalah moissanite atau berlian sejati. Perhatikan bahwa uji konduktivitas termal bukan teknik yang valid untuk mengenali moissanite karena mereka memiliki penghantar panas yang hampir sama dengan berlian.

KESIMPULAN

Banyak tes dalam panduan ini, seperti uji kabut dan uji konduktivitas termal, dapat membantu menentukan apakah berlian itu asli.

Tetapi karena jumlah dan kerumitan bahan batu permata sintetis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan ahli berlian atau perhiasan untuk meninjau permata yang sudah anda miliki di rumah. Para ahli ini dilatih untuk mengetahui cara membedakan berlian palsu dan asli.

Jika anda menggunakan edukasi berlian kami atau pakar berlian untuk membeli berlian, Anda tidak akan pernah memiliki masalah mengetahui apakah berlian itu asli atau tidak. Setiap berlian yang anda beli akan mempunyai sertifikat GIA yang sah dan yang perlu anda lakukan hanyalah memastikan berlian cocok dengan sertifikat tersebut.

Content and Photos : https://es.wikihow.com/saber-si-un-diamante-es-real

anting_bayi_tindik_18k.jpg