Batu Kelahiran

Kebutuhan dasar manusia untuk memiliki atau menggunakan barang yang kita anggap memiliki makna special adalah pilihan pribadi yang terkadang dapat  mendorong atau memotivasi diri kita. Mungkin dari sini kita bisa lebih mengerti mengapa beberapa individual atau mengapa diri kita sendiri memerlukan suatu arti di balik batu kelahiran. Mungkin itulah salah satu alasan dari keinginan pribadi untuk memiliki batu permata alam yang indah yang melambangkan bulan kelahiran kita.

Kalau berbicara mengenai batu kelahiran, banyak refrensi dan informasi yang tersedia cukup mudah dengan satu klik dari gadget kita, salah satu yang terlengkap dapat dilihat dari American Gem Society dan tentu saja dari Tim Museum GIA yang memiliki informasi lengkap mengenai batu kelahiran. Informasi ini tersedia karena saking banyaknya rasa keinginan tahuan dari masyarakat untuk mengetahui lebih banyak mengenai sejarah dan legenda yang tersembunyi di balik batu kelahiran mereka.

"Batu kelahiran adalah area gemologi yang menyenangkan, populer, dan beresonansi dengan semua orang tanpa memandang jenis kelamin, usia, kebangsaan atau agama," kata Terri Ottaway, kurator Museum GIA. “Pengetahuan, asal-usul, atribut dan karakteristik yang terkait dengan berbagai permata bersifat mendidik dan memiliki daya tarik universal bagi kita semua.” 

Setiap bulan diwakili oleh batu kelahirannya yang dilengkapi bersama dengan fakta-fakta menyenangkan mengenai batu permata. Misalnya, tahukah Anda bahwa garnet dapat berwarna hijau, topaz berwarna biru dan safir bisa berwarna merah muda? Atau bahwa orang-orang kuno percaya mengenakan batu kecubung akan membuat mereka tetap sadar, sementara zamrud dianggap memiliki khasiat penyembuhan untuk mata? 

Batu Kelahiran sesuai dengan bulan kelahiran

 Berikut adalah beberapa sifat yang terkait dengan batu kelahiran zaman modern: 

1. JANUARI | Garnet atau batu delima

Garnet atau batu delima hadir dalam berbagai warna. Nama garnet berasal dari kata pomegranate yaitu buah delima. Ini disebabkan dari kekayaan warna merah yang begitu mendalam dari garnet yang menyerupai biji buah delima. Garnet bervariasi hijau yang disebut tsavorite, ditemukan pada tahun 1971 di Tsavo National Park di Kenya. Garnet diyakini membawa rasa tenang bagi pemakainya loh!

2. FEBRUARI | Amethyst atau Ametis 

Amethyst atau Ametis termasuk dalam kategori Quarts atau kuarsa yang memiliki variasi ungu. Orang Yunani kuno mengaitkan Ametis dengan dewa anggur. Oleh karena itu bagi wine lover atau penyuka minuman anggur, katanya apabila anda memakai batu permata Ametis akan membuat peminum tidak mabuk. Mungkin apabila dikaitkan dengan rasa sentimen masa kini, bahwa ametis akan membawa kekuatan kepada pemakainya untuk selalu berpikiran jernih.     

3. MARET | Aquamarine atau Batu Biru laut

Aquamarine atau Batu Biru laut adalah variasi biru ke biru kehijauan dari mineral beryl. Namanya berasal dari dua kata Latin: aqua, yang berarti "air," dan marina, yang berarti "dari laut." Ukuran Aquamarine dapat tumbuh cukup besar memungkinkan pemotong permata untuk membuat model permata modis denga ukuran yang cukup besar. Batu Biru laut ini diyakini mewakili kesatuan. Fun fact: Ratu Elizabeth II memiliki tiara dan set perhiasaan yang terbuat dari Aquamarine dan berlian yang diberikan oleh Presiden dan rakyat Brasil. 

4. APRIL | Diamond atau Berlian

Diamond atau Berlian terkenal karena kualitasnya yang hebat, terutamanya faktor kekerasannya. Berlian dikenal sebagai salah satu bahan terkeras di bumi. Berlian mencapai 10 pada skala Mohs yaitu tingkat kekerasan tertinggi. Nama Berlian atau diamond diambil daripada bahasa Yunani “Adamas” yang artinya "mustahil untuk dijinakkan". Dari dulu sampai sekarang Berlian selalu dicari oleh raja dan ratu, yang kaya dan berkuasa sejak sumber pertama ditemukan di India kuno. Mereka terbentuk jauh di dalam bumi dan mencapai permukaan melalui letusan gunung berapi yang ganas. Beberapa berlian berusia lebih dari tiga miliar tahun, yang mungkin merupakan alasan bahwa mereka mewakili Ketahanan.

5. Mei | Emerald atau Zamrud

Emerald atau Zamrud adalah salah satu batu permata yang paling berharga. Beryl biru-hijau ini dari dulu dipercayai dapat menyembuhkan penyakit mata. Tambang zamrud yang paling terkenal dan legendaris terletak di Kolombia karena terus menerus menghasilkan zamrud terbaik. Sebuah emerald selalu membawa kegembiraan bagi pemakainya.

6. JUNI | Mutiara | Alexandrite 

Mutiara berbeda dari permata lain karena dibentuk di dalam jaringan lunak dari moluska yang hidup. Mutiara alami berkualitas terbaik dihargai sebagai batu permata sebagai objek yang dikagumi selama berabad abad. Mutiara  jarang ditemukan di alam liar; oleh karena itu kebanyakan mutiara dibudi daya kan atau dikultur seperti mutiara laut dan mutiara tawar dengan kisaran harga yang jauh berbeda. Mutiara melambangkan kejelasan pada pikiran. Sedangkan Alexandrite adalah batu yang terkenal karena perubahan warnanya “Emerald di siang hari, ruby ​​pada malam hari," Alexandrite adalah varietas langka dari chrysoberyl mineral yang berubah warna dari hijau kebiruan di siang hari menjadi merah keunguan di bawah lampu pijar. Alexandrite biasanya terkait dengan konsentrasi dan pengetahuan, Alexandrite diyakini membantu memperkuat intuisi, membantu kreativitas dan menginspirasi imajinasi — membawa pertanda baik kepada siapa pun yang memakainya.

7. JULI | Rubi atau batu merah delima

Rubi atau batu merah delima, atau batu rubi adalah batu permata bervariasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral corundum. Ruby terbaik berasal dari Myanmar (Burma). Nama "ruby" berasal dari rubeus, kata Latin untuk merah. Dalam bahasa Sansekerta kuno, ruby ​​diterjemahkan menjadi ratnaraj, yang berarti "raja batu berharga." Permata berwarna merah api ini telah berharga sepanjang sejarah untuk vitalitas mereka. Oleh karena itu, sejak dulu, batu rubi melambangkan kekuatan dan keberanian dalam pertempuran, dan juga sebagai sumber harmoni.

8. AGUSTUS | Peridot 

Peridot adalah variasi permata dari olivin mineral. Sumber yang paling kuno dari peridot ditemukan di pulau kecil di Laut Merah yang dikenal sebagai Zabargad. Peridot juga telah ditemukan dari meteorit. Peridot pada umumnya melambangkan kemurnian. Spinel memiliki palet warna oranye, merah intens, merah muda, warna ungu, biru dan ungu sampai warna hijau kebiruan. Spinel terbaik selalu dimiliki dan diberikan kepada raja dan kaisar dari jamn dulu. Spinel  dipercayai untuk membantu meningkatkan kesehatan.

9. SEPTEMBER | Sapphire

Sapphire atau safir hadir dalam setiap warna dalam pelangi, tetapi Safir biru tetap jenis safir yang paling populer. Ada beberapa tafsiran darimana datanya nama safir dari latin dan sanskerta. Beberapa yang percaya dari kata Sansekerta sanipriya yang berarti "Sayang untuk Saturnus." Safir langka yang dikenal sebagai “Padparadscha” dengan warna varietas merah muda-oranye sangatlah dihargai dalam kepopuleranya dan harganya.  Asal mula dari nama Safir “Padparadscha” dari warna bunga teratai. Sapphire biasanya melambangkan kesetiaan.

10. OKTOBER | Opal 

Opal dapat menunjukkan spektrum warna yang disebut sebagai permainan warna. Ketika diletakan dengan latar belakang gelap, lebih dikenal sebagai opal hitam. Australia dikenal sebagai sumber terbaik Opal sedunia. Opal mewakili harapan.  Turmalin adalah salah satu batu kelahiran oktober lainnya dan memiliki berbagai macam kombinasi warna. Karakteristik umum warna Turmalin biasanya terdiri dari 2 warna dan aneka warna. Seperti contohnya Turmalin Semangka dengan permukaan luar berwarna hijau dan dalamnya berwana merah muda. Sejak dulu diyakini bahwa Pemakai Turmalin akan diberikan kekuatan.

11. NOVEMBER  | Topaz

Topaz dikenal luas karena warna keemasannya tetapi juga dapat ditemukan dalam warna biru dan merah muda. Terlepas dari warnanya, Topaz diyakini membawa kemakmuran saat dipakai. Salah satu batu November lainnya adalah Citrine. Citrine adalah salah satu jenis Quartz atau kuarsa dengan variasi kuning keemasan. Kebanyakan citrine dipasaran diproduksi dengan memanaskan amethyst. Brasil adalah sumber utamanya, tetapi juga ditemukan di banyak negara Afrika seperti Zambia, Namibia, dan Madagaskar. Pemakai citrine dipercayai akan dapat meningkatkan awareness-nya.

12. DESEMBER | Turquoise atau Batu Pirus

Turquoise atau Batu Pirus mengandung tembaga yang merupakan sumber warna biru atau kehijauannya. Banyak mineral, seperti variscite, secara alami menyerupai batu pirus. Mineral lain dapat dicelup untuk ditiru. Turquoise pada umumnya melambangkan kedamaian.  Tanzanite (ditemukan pada tahun 1967 di Tanzania utara, yang tetap menjadi satu-satunya sumber yang diketahui di dunia. Dengan tekstur seperti beludru dan warna biru keunguan membuatnya berbeda dari semua permata lainnya. Tanzanite melambangkan keseimbangan.

Mengapa beberapa bulan memiliki lebih dari satu birthstone? Karena di dunia memiliki berbagai macam Tradisi dan budaya yang berbeda, tetapi beberapa alasan yang mempengaruhi ini adalah beberapa jenis batu mulia ini terlalu langka dan mahal untuk dapat dinikmati oleh kebanyakan orang. Alasan lainnya karena batu permata tersebut tidak  sepopuler batu permata lainnya.

Legal Disclaimer