Batu Kelahiran Bulan Desember

Apabila anda lahir di bulan Desember, anda memiliki 3 pilihan cantik untuk batu kelahiran yaitu Tanzanite, Turquoise atau Zircon. Tanzanite dengan warna biru hingga Ungu kebiruan, Turquoise dengan warna intens biru dan hijau, dan Zircon dengan pilihan warna seperti pelangi.

Turquoise

Turquoise (Pirus) telah ditambang di Nishapur Iran selama lebih dari 1.000 tahun. Walaupun New Mexico adalah produsen Turquoise terbesar di AS hingga tahun 1920-an. Negara Cina sekarang adalah penghasil Turquoise terbesar di dunia. Seperti Provinsi Hubei yang terletak di bagian Cina tengah adalah sumber terbesar untuk Turquoise berkualitas yang saat ini sedang ditambang di sana.

Batu Kelahiran Desember ini memiliki tekstur yang unik karena struktur dan komposisinya. Turquoise adalah agregat kristal mikroskopis yang membentuk massa padat. Jika kristal dikemas berdekatan maka pori di material tersebut berkurang yang membuat teksturnya lebih halus. Turquoise yang bertekstur halus memiliki kilau lilin yang sangat menarik saat dipoles. Sedangkan Turquoise dengan struktur kristal yang kurang padat memiliki sifat serap (pororitas) lebih tinggi dengan tekstur lebih kasar menghasilkan kilau kusam ketika dipoles. Porositas dan tekstur tidak hanya memengaruhi penampilan: faktor-faktor ini juga memengaruhi daya tahan pirus.

Turquoise berperingkat 5 hingga 6 pada skala kekerasan Mohs. Turquoise dengan tekstur yang lebih halus memiliki ketangguhan yang lebih baik dibandingkan dengan yang bertekstur kasar.

Para ahli batu mulia atau gemologist sangat menyukai birthstone bulan Desember ini karena Turquoise sering mengandung matriks: pola seperti jaring laba-laba yang memberikan bukti di mana batu tersebut terbentuk. Mereka juga menyukai bagaimana jenis batu ini diwarnai oleh tembaga yang menciptakan warna biru dan hijau yang sangat intens dan hidup di dunia permata.

Cara aman untuk membersihkan perhiasan Turquoise adalah dengan menggunakan air sabun hangat. Tetapi jangan menggunakan dengan uap atau pembersih ultrasonik karena panasnya uap atau jenis pelarut tertentu dapat merusak permukaan pada beberapa turquoise.

Sejarah & kisah Turquoise

Turquoise telah dikagumi selama ribuan tahun. Para Fir'aun dan penguasa Mesir kuno lainnya menghiasi diri mereka dengan batu ini. Seperti contohnya, batu Turquoise menghiasi topeng pemakaman Raja Tut, yang memerintah Mesir. Pengerajin Cina mengukirnya lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Dari zaman dulu, Batu Kelahiran Desember ini dianggap memiliki banyak kekuatan yang menguntungkan dari menjamin kesehatan sampai membawa nasib baik. Tercatat pada abad ke-13, Turquoise diyakini untuk melindungi pemakainya dari jatuh (terutama dari kuda), dan diyakini bahwa saat bencana mendekat batu Turquoise akan pecah. Para ahli mistik Hindu berpendapat bahwa melihat Turquoise setelah melihat bulan baru akan memperoleh kekayaan yang fantastis.

Turquoise juga memainkan peran penting dalam kehidupan penduduk asli Amerika. Suku Apache mempercayai bahwa batu Turquoise dapat ditemukan di ujung jalur pelangi. Mereka juga percaya apabila menaruh batu turquoise di ujung panah akan membantu akurasi tembakannya. Ditambah lagi suku Pueblo mempertahankan bahwa Turquoise mendapatkan warnanya dari langit, sementara Suku Hopi mempercayai permata itu dihasilkan oleh kadal berlarian di bumi.

Turquoise juga ditemukan menghiasai perhiasan milik bangsawan yang lebih modern, seperti dalam koleksi Ratu Elizabeth II Inggris yaitu Yordan turquoise demi-parure (kalung dan anting terbuat dari berlian, safir, dan turquoise). Wallace Simpson (1896-1986), Duchess of Windsor, mengenakan Kalung yang terbuat dari amethyst dan turquoise dari Cartier. Turquoise juga merupakan hadiah ulang tahun pernikahan ke-11. Turquoise menanamkan kedamaian pada pemakainya.

Tanzanite

Tanzanite (mineral zoisite) ditemukan pada tahun 1967 di Tanzania utara dan sampai sekarang menjadi satu-satunya sumber di dunia. Dengan warna biru keunguan membedakannya dari semua permata lainnya – hampir mirip atau jauh lebih keunguan dengan warna safir.

Tanzanite memiliki peringkat 6 hingga 7 pada skala kekerasan Mohs dibandingkan dengan berlian dengan peringkat 10. Ketangguhan Tanzanite (kemampuan bahan permata untuk menahan pecah, retak atau retak) berada di nilai cukup sampai ke rendah karena memiliki satu arah pembelahan (kecenderungan mineral kristal untuk pecah di sepanjang bidang atom) dan sensitif terhadap perubahan suhu mendadak. Kelahiran Desember dapat retak jika terkena suhu yang sangat tinggi atau perubahan suhu mendadak.  Asam hidroklorik dan hidrofluorat dapa merusak Tanzanite.

Air sabun yang hangat selalu merupakan cara terbaik dan aman untuk membersihkan batu kelahiran bulan Desember ini. Tetapi pembersihan dengan menggunakan uap atau pembersih ultrasonik tidak direkomendasikan.

Sejarah & kisah Tanzanite

Walaupun Tanzanite terbilang sebagai pendatang baru di dunia batu berwarna, tetapi batu ini adalah penemuan permata paling menarik di abad ke-20. Batu biru yang muncul dari daerah Tanzania ini diidentifikasi sebagai mineral zoisite pada tahun 1962 oleh ekspatriat dari Polandia bernama George Kruchluk. Pada tahun 1967, penelusur bernama Manuel D’Souza dengan bantuan seorang dari suku Masai menemukan sumber utama Tanzanite di Perbukitan Merelani. D’Souza mengajukan empat klaim penambangan.

Kemudian Berita menyebar dan 90 lebih banyak klaim dengan cepat terdaftar - meskipun pada saat itu ada kebingungan mengenai identitas bahan permata. Dengan warna yang begitu hidup, kejernihan yang tinggi dan potensi batu potong besar, tanzanite dengan cepat menjadi sensasi. Hari ini, Tanzanite bukan hanya birthstone bulan Desember, tetapi juga merupakan permata untuk ulang tahun pernikahan ke 24. Tanzanite dikatakan memberi keseimbangan bagi pemakainya.

Zircon

Zircon sering ditemukan di dekat sumber safir. Negara-negara di mana dua jenis batu ini berada berdekatan adalah Sri Lanka, Myanmar, Vietnam, Kamboja dan Australia. Zircon hadir dalam warna yang beragaram dari kuning, hijau, merah, oranye, coklat dan biru membuatnya menjadi favorit di kalangan kolektor dan konsumen yang berpengetahuan luas.

Batu Kelahiran Desember ini berperingkat 6 hingga 7,5 pada skala kekerasan Mohs. Ahli gemologi menyukai zirkon karena elemen jejak radioaktifnya merupakan jam geologis yang dapat memberitahu kita mengenai sejarah awal Bumi. Batu Kelahiran Desember ini juga memiliki kilauan tinggi, indeks bias tinggi(ukuran sejauh mana cahaya dibengkokkan saat cahaya itu pergi meninggalkan batu permata dari sudut selain tegak lurus ke permukaan) dan dispersi yang kuat yang bertanggung jawab untuk kecemerlangan dan pelangi kilatan api.

Air sabun yang hangat selalu merupakan cara terbaik dan aman untuk membersihkan batu zirkon ini. Tetapi pembersihan dengan menggunakan uap atau pembersih ultrasonik tidak direkomendasikan.

Sejarah & kisah Zircon

Asal mula kata zircon telah menimbulkan perdebatan yang berwarna-warni. Beberapa ahli percaya bahwa zircon berasal dari bahasa Arab zarkun, yang berarti "cinnabar" atau "merah terang." Sedangkan sumber lainnya percaya bahwa zircon berasal dari kata Persia zargun, yang berarti "berwarna emas." Apabila kita mempertimbangkan arti dari asal kedua bahasa tersebut maka keduanya bisa digunakan untuk definisi zircon.

Pada Abad Pertengahan, diperkirakan Zircon dapat membuat seseorang tertidur nyenyak dan mengusir roh jahat. Dalam agama Hindu, zirkon bergantian dengan garnet hessonite sebagai salah satu dari sembilan permata navaratna. Ketika dipakai bersama, sembilan permata melindungi pemakainya dan membawa kesehatan, kekayaan, dan kebijaksanaan yang baik.

Legal Disclaimer