November Stone

BATU KELAHIRAN NOVEMBER

Mereka yang memiliki dua pilihan birthstone untuk yang lahir pada bulan  November yang indah: topaz dan citrine. Topaz hadir dalam beragam warna,citrine dikenal dengan warna kuning dan orange yang menawan. Kedua permata memberikan anda banyak pilihan warna indah dan menarik untuk dipakai. Untuk memutuskan mana yang harus dipilih dari kedua batu tersebut. Kami menawarkan bantuan.

Topaz

Minas Gerais termasuk bagian dari negara Brazil  yang memiliki salah satu sumber penting topaz berkualitas tinggi dari kombinasi warna kuning ke orange, merah, merah muda, ungu dan campuran merah dengan orange atau ungu. Minas Gerais, negara bagian di Brasil adalah salah satu sumber penting untuk topaz berkualitas tinggi dari kuning ke orange, merah, merah muda, ungu dan campuran merah dengan orange atau ungu adalah beberapa warna yang digali di sini. Saat ini, beberapa topas juga ditemukan di daerah Rusia dan di tempat lain yang seperti Pakistan, Afrika, Cina, India, Myanmar, Sri Lanka, Vietnam, Amerika Serikat, dan Meksiko. Batu Kelahiran Topaz untuk bulan November ini sangat dikenal karena warna keemasannya. Selain warna keemasannya yang terbilang unik, ada beberapa warna dan saturasi lainnya seperti coklat, biru, hijau, kuning, orange, merah, merah muda, dan ungu. Nilai kekerasan Topaz dalam Skala Kekerasan Mohs adalah 8. Oleh karena itu, pukulan keras dan tekanan ekstrim atau perubahan suhu yang tajam memiliki kemungkinan untuk merusak batu indah ini. Batu Kelahiran November ini paling baik dipasang di jenis perhiasaan dengan bingkai pelindung seperti bezel untuk lebih amannya. Untuk membersihkan birthstone November ini, gunakan air hangat dan sabun.   

Sejarah dan Kisah Topaz  

Sejak dulu Topaz dianggap memiliki banyak manfaat. Orang Yunani kuno percaya bahwa topaz memberi mereka kekuatan. Sejak tahun1300-an hingga 1600-an, orang Eropa berpikir Topaz memiliki kekuatan untuk menangkal, mencegah, melawan ataupun mengusir mantra sihir. Topaz juga diyakini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit. Seperti contohnya,  pada abad ke-12, St. Hildegard merekomendasikan menempatkan topaz ke dalam anggur selama tiga hari dan kemudian menggosok topaz yang dilembabkan di mata pasien. Karena dipercayai dapat mengobati "pengelihatan yang buruk”. Sedangkan Pengikut Hindu pada jaman dulu mempercayai bahwa topaz suci dan biasanya memakainya dalam bentuk Liontin dimana dipercayai akan membawa kebijaksanaan dan umur panjang bagi kehidupan seseorang. Dukun Afrika juga memperlakukan Topaz sebagai batu yang suci dan menggunakannya dalam acara ritual penyembuhan.

Di abad ke-19, salah satu pegunungan Rusia menjadi sumber topas terkemuka dimana ditemukan Batu permata oranye merah muda yang sangat berharga. Kemudian dinamakan Imperial topaz dalam rangka menghormati tsar Rusia, dan hanya bangsawan yang diperbolehkan untuk memakainya. Ada satu penjelasan lainnya dimana dikatakan bahwa Batu Topaz tersebut adalah pemberian dari Kaisar Brasil Pedro II ke Ouro Preto kota yang paling dekat dengan tambang topas Brasil yang paling produktif pada tahun 1881. Apapun penjelasannya, tidak ada keraguan bahwa Topaz yang indah ini cocok untuk seorang raja. Blue topaz adalah permata dari ulang tahun pernikahan keempat, dan Imperial topaz adalah permata dari ulang tahun pernikahan ke-23.  Terlepas dari warnanya, diyakini membawa kemakmuran saat dipakai.

Citrine 

Tempat penghasil utama Citrine adalah Brasil, tetapi batu ini juga ditemukan di banyak negara Afrika seperti Zambia, Namibia, dan Madagaskar. Citrine adalah jenis Quartz dalam group variasi kuning keemasan. Batu Kelahiran bulan November ini sebenarnya langka ditemukan di alam. Kebanyakan citrine yang dijual di pasaran adalah hasil dari amethyst yang dipanaskan (Heated). Warna citrine terbaik adalah warna kuning jingga hingga kemerahan tanpa adanya jejak warna kecoklatan. Warnanya berasal dari zat besi. Kombinasi dari warnanya yang atraktif, ditambah dengan daya tahannya dan haranya yang terjangkau membuatnya menjadi permata berwarna kuning ke oranye yang terlaris. Ahli Gemologi menyukai batu kelahiran November ini karena memiliki harga yang terjangkau, dan harga per karat tidak naik secara dramatis untuk ukuran yang lebih besar.  Citrine dapat dengan aman dibersihkan dengan air sabun yang hangat. Meskipun biasanya dapat dibersihkan dengan mesin ultrasonik, pembersihan menggunakan uap tetap berisiko karena citrine tidak boleh terkena panas yang berlebihan.

Sejarah dan Kisah Citrine

Citrine batu Kelahiran November ini adalah berbagai kuarsa, yang telah digunakan dalam perhiasan selama ribuan tahun. Orang Yunani kuno mengukir hiasan kristal batu yang berkilau seperti permafrost. Paus Romawi mengenakan cincin yang dibuat dengan amethysts ungu besar dan citrine telah dilaporkan dalam perhiasan Romawi. Itu sangat populer di perhiasan warna-warni Skotlandia dari era Victoria. Citrine, diyakini berasal dari kata Perancis untuk lemon (citron), diberikan untuk ulang tahun pernikahan ketiga belas.

Salah satu kisah Citrine yang terkenal berasal dari tambang Anahís Bolivia, sumber penting untuk citrine alami. Tambang ini berlokasi ditengah tengah wetlands terbesar yang dikelilingi oleh bunga-bunga liar, burung-burung eksotis, kaleidoskop kupu-kupu, monyet Howler dan jaguar seperti salah satu film Indiana Jones. Ditemukan oleh seorang conquistador Spanyol pada tahun 1600-an, yang kemudian ia berikan hasil temuannya sebagai mas kawin ketika ia menikahi Anahí, seorang putri dari suku Ayoreos di Paraguay. Lambat laun tambang itu hilang selama tiga abad, dan sampai pada akhirnya ditemukan kembali pada 1960-an. Orang dulu mempercayai bahwa pemakai citrine mungkin akan memiliki kesadaran yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak memakainya.

 

Fun Facts:

Tradisi  batu kelahiran untuk bulan November biasanya adalah Topaz, namun Citrine telah menjadi pilihan alternatif bagi yang lahir bulan November karena harganya yang lebih murah dengan astetika tidak terlalu jauh beda dengan topaz.

-LEGAL DISCLAIMER-