Batu Kelahiran Bulan Oktober

Batu Kelahiran Oktober

Bayi yang lahir pada bulan Oktober dapat memilih antara dua batu kelahiran — turmalin dan opal. Setiap permata memiliki kemungkinan yang hampir tak terbatas, karena masing-masing permata ini memiliki warna-warna bernuansa pelangi dan memiliki banyak kombinasi warna pilihan.

Menurut legenda, kedua batu kelahiran di bulan Oktober ini datang ke bumi melalui pelangi. Antara turmalin (yang warnanya bergantung pada elemen jejak dalam susunan kimianya) dan opal (yang dengan cahaya anda dapat melihat permainan berbagai warna), birthstones bulan Oktober menawarkan spektrum warna yang lengkap yang dapat disesuaikan dengan selera pribadi siapa pun.

Opal

Nama "opal" berasal dari kata Yunani opallios, yang berarti "untuk melihat perubahan warna." Seperti arti kata namanya, Opal dapat memperlihatkan spektrum warna dengan sebutan permainan warna. Ketika diatur menggunakan latar belakang gelap maka akan dikenal sebagai opal hitam. Ada dua kelas opal yang luas: berharga dan umum. Opal berharga menampilkan permainan warna, opal biasa tidak.

Australia adalah sumber sebagian besar opal terbaik dunia. Kandungan air di opal dapat berkisar dari tiga hingga 21 persen - biasanya antara 6 dan 10 dalam bahan berkualitas permata. Ini, dikombinasikan dengan kekerasan hanya 5,5 hingga 6 pada skala Mohs, membuat opal termasuk dalam kategori permata yang halus karena dapat retak apabila berada disuhu ekstrim, saat mengalami dehidrasi atau terkena cahaya langsung.  

Oleh karena itu, pencinta opal harus selalu merawatnya dengan lembut. Selama berabad-abad, orang telah mengaitkan jenis permata ini dengan keberuntungan. Meskipun beberapa mitos mengklaim bahwa opal bisa membawa nasib buruk bagi pemakai yang tidak lahir pada bulan Oktober, birthstone ini tetap menjadi pilihan yang populer. Untuk sebagian besar, Opal pada umumnya mewakili harapan.

Sejarah & kisah opal

Banyak budaya telah mengkredit opal dengan sumber dan kekuatan supranatural. Menurut legenda dari Arab, opal jatuh dari langit dibawa oleh petir. Sementara itu legenda lainnya yang berasal dari Aborigin Australia, percaya bahwa pencipta datang ke bumi melalui pelangi dan meninggalkan batu warna-warni ini saat kakinya menyentuh tanah. Sedangkan legenda dari Yunani kuno percaya bahwa opal memberikan pemiliknya kekuatan untuk memprediksi masa depan dan menjaga mereka dari penyakit.

Pada 75 AD, cendekiawan Romawi Pliny membandingkan opal dengan gunung berapi dan lukisan yang hidup, mencatat bahwa "permainan" warna mereka seakan akan seperti tarian dan dapat mensimulasikan nuansa permata. Orang Eropa telah lama menganggap opal sebagai simbol harapan, kemurnian, dan kebenaran.

Turmalin

Nama "turmalin" berasal dari kata-kata Sinhalese tura mali, yang berarti "batu warna campuran."Seperti arti namanya Turmalin menunjukkan berbagai macam warna. Turmalin diinginkan karena banyaknya pilihan warnanya. Dikombinasikan dengan kekerasan yang baik dari 7 hingga 7,5 pada skala Mohs, turmalin membuat perhiasan yang dapat dipakai.  Karakteristik umum warna Turmalin biasanya terdiri dari Kristal dengan 2 warna dan kristal dengan aneka warna. Seperti contohnya Turmalin Semangka dengan permukaan luar berwarna hijau dan dalamnya berwana merah muda.

Salah satu sifat paling mengesankan dari Turmalin adalah kemampuannya untuk memuat listrik melalui panas (pyroelectricity) dan tekanan (piezoelektrik). Ketika diisi, turmalin dapat bertindak sebagai magnet yang berosilasi, dan dapat menarik atau memukul kembali partikel debu. Sumber-sumber penting Turmalin termasuk Brasil, Sub-Sahara Afrika, Myanmar, Pakistan, Afghanistan, dan AS (San Diego County dan Maine).

Turmalin menawarkan mereka yang lahir pada bulan Oktober berbagai macam warna untuk dipilih. Sangat sedikit jenis permata yang dapat menyangingi kombinasi warna yang dimiliki oleh Turmalin. Mulai dari merah yang mendalam hingga merah muda pastel dan warna persik, hijau zamrud yang intens hingga kuning yang begitu hidup dan biru yang dalam, keluasan rangkaian warna permata ini tak tertandingi. Sejak dulu dipercayai bahwa memakai perhiasaan Turmalin akan membawa kekuataan.

Sejarah & kisah Turmalin

Legenda Mesir menceritakan kisah mengenai Turmalin yang terkenal karena memiliki spektrum warna warni bermulai dari perjalanannya dari pusat bumi melalui pelangi. Karena memiliki spektrum berwarna-warni, turmalin telah disalah tafsirkan dengan permata lain sepanjang sejarah. Pesulap kuno menggunakan turmalin hitam sebagai jimat untuk melindungi energi negatif dan kekuatan jahat.

Hari ini, banyak yang masih percaya bahwa Turmalin dapat melindungi terhadap radiasi, polusi, racun dan hal-hal negatif.  Pada tahun 1500-an, conquistador Spanyol menemukan turmalin hijau di Brasil — yang dia salah artikan sebagai emerald. Pada awal 1890-an, turmalin dilaporkan di California — di mana penduduk asli Amerika (Native American), selama berabad-abad, memberikan Turmalin sebagai hadiah pemakaman. Permaisuri China Cixi sangat menyukai turmalin merah muda yang kemudian dia beli dalam jumlah cukup besar dari deposito di San Diego County.

Legal Disclaimer