Apa itu tenun?

Tenun adalah teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan cara menggabungkan benang secara memanjang dan melintang.
Seni tenun berkaitan erat dengan sistem pengetahuan, budaya, kepercayaan, lingkungan alam, dan sistem organisasi sosial dalam masyarakat. Kain tenun biasanya terbuat dari serat sutra, kapas, dan lainnya. Kualitas tenunan biasanya dilihat dari mutu bahan, keindahan tata warna, motif, pola dan ragam hiasannya.

Asal Kain Tenun?

Pembuatan kain tenun dilakukan di Indonesia, terutama

daerah yang terkenal dengan produksi kain tenunnya adalah Sumatera BaratPalembang, Timor, Lombok, dan Jawa Barat. Karena kultur sosial dalam masyarakat beragam,

maka seni tenun pada masing-masing daerah memiliki ciri khas tenun yang berbeda dan merupakan bagian dari representasi budaya masyarakat tersebut

Sejarah kain tenun:

Kain tenun ada sejak zaman neolitikum, hal tersebut dibuktikan dengan adanya benda prehistoris, seperti cap tenunan,

alat untuk memintal, dan bahan yang terlihat jelas adanya tenunan pada kain yang terbuat dari kapas. Yang ditemukan lebih dari 3000 tahun yang lalu pada situs Sumba Timur, Gunung Wingko, Yogyakarta, Gilimanuk, dan Melolo.

Negara-negara yang banyak mempengaruhikain tenun tradisional Indonesia adalah India, Persia, Cina,Eropa, Vietnam, Myanmar, Thailand, Kamboja dan lain-lain yang ikut mempengaruhinya. Pengaruh-pengaruh tersebut tampak pada kain yang bermotif burung poenix, bergambar manusia,binatang bahkan relief pada candi-candi contohnya candi Borobudur dan Prambanan.

Dalam Prasasti Jawa kuno dapat ditemukan istilah-istilah yang memberikan gambaran tentang adanya penemuan dimasa lalu.

Pada prasasti karang tengah berangka tahun 874
(kol. Mus Nas No D 27) terdapat tulisan “putih helai 1 (satu) kalambi” artinya kain putih satu helai dan baju. Pada prasasti baru tahun 1034 M disebut pawdikanartinya pembatik dan penenun. Pada prasati “cane” tahun 1021 M dan prasasti dari Singosari tahun 929 M (Kol. Mus Nas No 88) terdapat istilah “makapas” atau mendagang kapas. Dalam cerita rakyat dayang sumbi yang pekerjaanya sehari-harinya adalah menenun. Pembuatan pakaian pada masa lalu dapat petunjuk pada realif  “wanita sedang menenun” yang dipahatkan pada umpak  batu abad 14 dari daerah trowulan, sekarang tersimpan
di Museum Trowulan,jatim.

Fashion tenun:

A.Adat :

  • Di Minangkabau dan Palembang, kain tenun atau kain songket umumnya digunakan pada acara adat seperti perkawinan, batagak gala (melantik penghulu), dan penyambutan tamu-tamu penting. Dalam motif dan coraknya mengandung nilai budaya sepertu keindahan, ketekunan, ketelitian dan kesabaran. Pemakai kain tenun diharapkan akan mempunyai sifat-sifat baik sepeti yang tertuang dalam kain tenun yang dikenakan.
  • Kain Ulos dari Sumatera Utara mempunyai makna filosofi yang tinggi. Kain Ulos sering digunakan sebagai hadiah yang diberikan dalam berbagai upacara adat. 
  • Kain Ulos tidak boleh diberikan secara sembarangan.
    Ada ketentuan adat yang harus dipatuhi, misalnya Ulos tidak boleh diberikan oleh orang yang kedudukannya lebih rendah kepada orang yang kedudukannya lebih tinggi. Kain ulos dibedakan menjadi tiga jenis yang masing-masing mempunyai fungsi dan makna yang berbeda-beda. Ulos Ragidup misalnya, merupakan Ulos yang melambangkan kehidupan. Ulos ini biasanya hantaran atau hadiah yang diberikan pada saat upcara pernikahan. Ulos ini biasanya diberikan oleh orang tua mempelai wanita kepada ibu mempelai pria.
    Ulos Ragihotang biasanya digunakan untuk mengkafani jenazah. Sementara Ulos Sibolang merupakan pemberian untuk menghargai jasa seseorang.
  • Tenun Endek dan Gringsing dari Bali dipercaya dapat berfungsi sebagai penolak bala dan penangkah wabah penyakit dan kematian, selain digunakan sebagai pakaian dan hiasan. Kain Endek juga sering digunakan dalam berbagai upacara adat dan keagamaan.
    Sekarang ini banyak masyarakat yang memberikan kain Endek sebagai cinderamata kepada teman atau tetangga untuk mempererat hubungan diantaranya.
  • Tenun Ikat Sumba dari Nusa Tenggara Timur tidak hanya digunakan sebagai busana untuk kegiatan upacara adat, kain tenun ini juga digunakan sebagai mahar mas kawin atau yang lebih dikenal dengan istilah Belis. Selain itu kain tenun juga digunakan sebagai alat untuk membayar denda apabila seseorang melakukan pelanggaran adat. Tujuan dari pembayaran denda adalah untuk mengembalikan keseimbangan sosial di masyarakat.

B.Modern Tenun:

Hasil kain tenun kini sudah semakin bagus, kalau dulu kain tenun saat dipakai panas dan kaku, sekarang kain tenun pun bisa dipakai sehari-hari karna kualitas tenun yang baik. Banyak pengrajin yang mengunakan kain tenun untuk berbagai bentu seperti Kombinasi Pakaian, bahkan digunakan untuk mempercatik
Contohnya seperti :
Lungsin, lungsin mengunakan kain tenun untuk tas dengan desain perpaduan antara timur dan barat.
Lungsin ada sejak tahun 2012,
Para pendiri Lungsin, yang terinspirasi oleh tekstil tenunan tangan tradisional, mulai memproduksi aksesori kasual dan formal yang istimewa, eksklusif untuk pasar Indonesia dan dunia. Dengan menggunakan tekstil tenunan tangan tradisional untuk menghasilkan produk modern dan bergaya dengan kualitas terbaik dan kerajinan kerajinan tangan. Lungsin ingin tetap menghidupkan seni kuno tekstil tangan oleh pengrajin ahli Indonesia.

Tidak hanya itu. Greco Barcelona pun mempunyai perhiasan
“Black Diamond Dynasty” dari Gelang, Kalung,dan Anting.
Desain dari perhiasan tersebut sangat unik, Desain yang terlihat seperti kain tenun. Perhiasan ini didesain khusus dan edisi sangat terbatas. Seperti namanya Dynasty, perhiasan ini tidak akan terlihat kuno dari tahun ketahun dan akan tetap terlihat cantik jika dipakai. Seperti Diamond yang mempunyai arti “Abadi”

Maka dari itu Greco dan Lungsin berkolaborasi .
desain tas lungsin yang sangat cantik dengan perpaduan antara timur dan barat, begitu juga desain perhiasan Greco Barcelona yang akan mempermanis tampilan anda menjadi sangat Elegan

C.Paket Double The Treat GrecoXLungsin

Kami bekerja sama dengan salah satu perusahaan Fashion tas ternama di Indonesia http://lungsin.com/ . Jadi, Lungsin dan Greco dengan bangga memberi hadiah kepada pelanggan kami yang setia dan pelanggan baru kami dengan Paket Double the treat GrecoXLungsin :  

Semua Pelanggan Greco akan menerima Hadiah Vocer Lungsin10% untuk setiap pembelian di Greco Barcelona berlaku hingga 28 Februari 2019. 

Dan Semua Pelanggan Lungsin akan menerima Hadiah Voucher Greco hingga 10% untuk setiap pembelian di Lungsin yang berlaku hingga 28 Februari 2019. 

Tentu saja syarat dan ketentuan berlaku ya guys .

Mengapa memilih satu, apabila Anda bisa memiliki keduanya?

LEGAL DISCLAIMER