APA ITU BATU MULIA?


Batu mulia mengandung jenis mineral dan batuan yang mempunyai sifat fisik, Serta karakeristik seperti warna dan motif. Yang bernilai ekonomis. Batu mulia digunakan untuk perhiasan dan aksesoris. Banyak orang yang tidak mengetahui tentang batu mulia .
Amerika Serikat adalah konsumen terkemuka di dunia batu permata. Pada tahun 2014 negara itu mengkonsumsi sekitar $ 22,500,000,000 batu berkualitas permata. Nilai tersebut sama artinya dengan 35% dari produksi permata intan di dunia.

 

 

PERMATA GEMSTONE.

Batu permata diklasifikasikan lagi menjadi dua jenis, yaitu Batu Mulia dan Semi Mulia

banyak jenis-jenis permata, yaitu :
batu mulia
1.ruby
2.zamrud
3.berlian
4.safir

Dan semi mulia
1.amethyst
2.aquamarine
3.opal
4.dan sebagainya.

Apa yang dimaksud permata?

Permata adalah batu permata jenis mineral alam. Batu permata (mulia) disebut langka karena dari sekitar 3.000. Jenis mineral dibumi , Terdapat 150-200 yang bisa digolongkan ke jenis batu permata. Batu permata terbentuk dari aktivitas dapur magma di perut Bumi. Batuan cair bersuhu di atas 1.000 derajat celsius ini terus bergerak dalam selubung atau mantel Bumi. Di luar mantel ini adalah lapisan kerak Bumi, yang tersusun dari lempeng-lempeng yang terus bertumbukan dan menyisakan banyak retakan. Tekanan yang kuat dari dalam cenderung mendorong magma untuk mencari jalan keluar ke permukaan.

Terbentuk melalui proses Geologi yang terdiri dari gabungan beberapa komponen kimia dan melalui proses pemolesan sebelum digunakan untuk perhiasan. Batu permata banyak diminati oleh banyak orang karena keindahannya dan juga nilainya yang tinggi, Di zaman modern ini,. Beberapa dari batu ini juga dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan membawa keberuntungan.

SEJARAH:

Batu mulia dan setengah mulia tercipta karena aktivitas geologi Indonesia sejak jutaan tahun lalu. Sejauh ini, Aktivitas Geologis tertua di Indonesia yang terlacak terjadi sekitar 400 juta tahun lalu, Ditemukan dari fosil sejenis kerang yang berada di puncak gunung-gunung di Papua. Ini menandai adanya aktivitas tektonik luar biasa sehingga bisa mengangkat dasar laut hingga membentuk pegunungan tertinggi di Indonesia. Batuan safir dan ruby dua jenis batu ini masuk dalam kategori Corundum yang mencapai 9 mohs, zamrud mencapai 7-8 mohs. Batuan yang dalam istilah Gemstone digolongkan sebagai batuan setengah mulia memiliki kekerasan kurang dari 7 mohs. Intan merupakan bagian dari batuan mulia yang memiliki keistimewaan karena kekerasannya. Intan merupakan bagian dari batuan mulia yang memiliki keistimewaan karena kekerasannya , Dalam jajaran batu mulia, Skala kekerasan intan mencapai 10 mohs.

INTAN RAW DIAMOND

Intan merupakan mineral yang terbentuk pada suhu dan tekanan tinggi. Mereka tidak terbentuk secara alami di permukaan bumi atau pada kedalaman yang dangkal. Lingkungan pembentukan intan berada pada mantel bumi, Sekitar 100 mil (160 km) di bawah permukaan.

Mengenai tentang Intan , Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara intan dan berlian. Apa berbedaan antara keduanya?

Intan adalah Berlian kasar yang belum diolah dan dirposes melalui pemolesan. Dan terbentuk dari mineral karbon yang berbentuk Kristal karna proses kimiawi melalui perut bumi selama ratusan hingga jutaan tahun.
Intan memiliki sifat fisika yang istimewa yaitu kemampuan dan kekuatannya mendispersikan cahaya seperti cahaya prisma yang sangat indah. Intan dikategorikan sebagai batu permata yang paling keras.
Ada dua jenis intan yaitu intan alami dan intan buatan. Intan alami terbentuk dari tenaga endogen di perut bumi selama ratusan hingga jutaan tahun sehingga intan jenis ini merupakan intan dengan kualitas terbaik, Semakin meningkat kebutuhan intan di industri permata dan proses menciptakan batu permata intan dengan kualitas terbaik harus melalui proses yang sangat lama , Maka dari itu dibuatlah makmal (pemanas buatan) untuk mempercepat proses penciptaan intan dalam waktu yang lebih cepat. Intan alami ditambang di deposit primer (kimberlite dan lamporite) dengan pipa-pipa vukanis dan deposit sekunder (alluvial, Onshore, dan Offshore). Intan yang telah berada di dalam perut bumi digali secara mekanis. Tanah, batu-batuan, dan pasir yang diambil dengan menggunakan peralatan canggih dipilah dalam pabik pemrosesan untuk menyortir intan dari batu-batuan yang lain.

SEJARAH INTAN:

Intan berasal dari bagian terdalam gunung berapi yang juga mengandung atom dan karbon. Yang memang pada kenyataannya berlian merupakan kristal transparan yang mengikat empat bagian karbon atom. Batu berlian terbawa kepermukaan bumi melalui letusan volkanik. Menurut penelitian, Naiknya berlian kepermukaan bumi dikarenakan batu yang mencair. Berlian dikembangkan dari bermil-mil bagian dalam permukaan bumi, pada kerendahan 150 km (90 mil), pada tekanan kira-kira 5 giga pascal dengan temperatur sekitarnya 1200 derajat celcius (2200 derajat Fahrenheit). Berlian bisa menjadi bentuk alami lain sesuai tingginya tekanan, Secara relatif pada saat temperatur rendah. Namun sangat disayangkan berlian tidak bisa terbentuk dari bawah laut.Berlian adalah nama lain dari batu intan (diamond), batu intan yang berkualitas tinggi disebut dengan nama berlian. Sejak zaman dahulu bahkan pada saat penamaan berlian itu sendiri, berlian terkenal sebagai material yang paling keras ke tiga setelah ‘Aggregated diamond nanorods’ dan ‘Ultrahard Fullerite’.
Menurut sejarahnya, Nama berlian itu sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno yang artinya “Tak Terkalahkan”.
Berlian muncul kepermukaan bumi sudah sangat lama, Berkisar dari 1-3,3 milyar tahun yang lalu. Berlian pertama kali dikenali dan ditambang di India. Dahulu, ada referensi yang ditemukan pada sebuah text penganut Budha, salah satu text Sansekerta ( Anguttara Nikaya ) yang kemudian disempunakan sekitar 296 BCE yang lalu. Text tersebut menceritakan juga mengenai ciri utama berlian yang kilaunya memancar. Pada saat itu berlian berasosiasi dengan membawa nama keTuhanan (Dewa), Sebagai lambang dekorasi religius. Berlian dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi siapapun yang memilikinya. Di India, pemiliknya dibatasi dengan kasta berdasarkan warna. Hanya Raja saja yang diizinkan memiliki semua warna berlian.
Seiring perkembangan zaman akhirnya berlian dapat diperdagangkan di daerah Timur dan Barat India dan dapat digunakan di berbagai kebudayaan untuk gemologi atau industri.

BERLIAN(DIAMOND)


Berlian adalah intan yang telah diproses melalui pemolesan dan pemotongan yang sesuai dengan 4C (cut, color, carat, dan clarity). Jadi bisa dikatakan bahwa intan adalah bahan mentah dari berlian. Namun mengubah intan menjadi berlian memerlukan proses yang sangat panjang dan rumit. Sebagai mineral paling keras yang pernah ada, berlian sangat dihargai karena keindahan dan kemampuannya memantulkan cahaya dengan cara yang sangat mempesona. Berlian menampilkan sejumlah besar kecemerlangan, yang berarti berlian sangat berkilau, dan selalu mempertahankan tampilan yang baru dipoles. Dibuat dari karbon murni, atom karbon di dalam berlian terikat sangat kuat, Yang membuat kekerasan dan kekuatan batu. Berlian adalah zat yang paling sulit diketahui.

Kecemerlangan berlian berasal dari kombinasi refleksi, dispersi, dan refraksi. Sinar cahaya pertama melewati berlian dan kemudian dibengkokkan, atau dibiaskan. Kemudian, sinar bias ini dipantulkan melalui sebuah sisi di dasar batu dan melalui bagian atas batu. Ketika refraksi terjadi, setiap sinar dibelokkan pada sudut yang sedikit berbeda, yang disebut sebagai dispersi. Dari semua permata, berlian memiliki indeks bias tertinggi.

SEJARAH BERLIAN:

Diamond atau Berlian atau bisa disebut juga Intan merupakan batuan yang terbentuk di lapisan luar mantel Bumi, Di kedalaman hingga 161 kilometer. Di kedalaman ini, tekanan mencapai 4 gpa dan suhu hingga lebih dari 1.350 derajat celsius. Tekanan yang luar biasa kuat dan suhu yang luar biasa panas kemudian mengubah mineral karbon anorganik di kerak Bumi (beda dengan karbon organik yang membentuk batubara) yang dilewati hidrotermal ini menjadi kristal intan. Dan memiliki skala kekerasan mencapai 10 mohs.

 

Legal Disclaimer